Apakah Dani Ceballos Pinjaman Arsenal Yang Gagal?

Denis Suárez. Kim Källström. Júlio Baptista. Oh, apa yang bisa terjadi. Arsenal belum beruntung dengan pinjaman baru-baru ini, dan Dani Ceballos mungkin akan segera bergabung dengan daftar pemain yang tidak berhasil. Menurut The Athletic (paywalled), pembalap Spanyol itu ingin lebih banyak waktu bermain, dan jika dia tidak bisa mendapatkannya di Arsenal, ingin kembali ke Spanyol untuk dipinjamkan ke suatu tempat yang dia bisa, dengan Valencia dan Real Betis tujuan yang paling disukai. Ini mengecewakan bagi semua orang yang terlibat – Arsenal, Ceballos, dan pendukung.

Di satu sisi, langkah pinjaman memiliki sisi positif dari pembelian transfer tanpa risiko biasa. Tentu, pinjaman tidak gratis dan jika pria itu adalah bintang Anda tidak bisa mempertahankannya, tetapi Anda mendapatkan setidaknya setengah musim dari pemain yang mungkin meningkatkan skuad Anda tanpa harus khawatir tentang percikan uang tunai untuk seorang pria siapa yang tidak berolahraga. Jika itu tidak cocok atau ia tidak memotongnya, ia kembali ke klub orang tuanya. Jika dia bermain bagus, bagus. Menang-menang, bukan?

Tampaknya tidak, setidaknya jika Anda adalah Arsenal. Musim lalu, Denis Suárez hanya berhasil melakukan lima fit Finalizeweeks di klub dan bermain hanya 94 menit sebelum mengalami cedera kunci paha dan ditutup untuk sisa musim ini. Pada 2014, tim medis Arsenal mendapati bahwa Kim Källström menderita cedera punggung bermain sepak bola pantai beberapa hari sebelum transfernya. Dia absen tiga minggu, tidak pernah benar-benar menemukan pijakannya di klub, dan hanya membuat empat penampilan untuk The Gunners. Júlio Baptista memiliki mantra pinjaman yang sedikit lebih sukses daripada dua lainnya, tetapi ketika mistar begitu rendah sehingga 3 gol dalam 24 penampilan Liga Premier menghapusnya … ya.

Waktu Dani Ceballos di Arsenal terlihat bermain dengan cara yang sama, yaitu tidak baik. Itu bahkan lebih mengecewakan karena apa yang seharusnya terjadi. Dia terpesona pada start pertamanya, memperdaya pembela Burnley, memasukkan umpan, dan mengambil dua assist dalam 83 menit debutnya di kandang yang membuat Gooners pusing. Arsenal beruntung. Mereka akan mendapatkan musim ajaib dari playmaker muda berbakat yang terjebak di belakang bintang-bintang mapan di Real Madrid dan tidak dinilai oleh Zinedine Zidane. Ceballos akan menggantikan Mesut Özil yang tidak disukai, dan tim tidak akan kehilangan satu ketukan.

Tetapi dalam 15 penampilan sebelum merobek bundel otot melawan Vitória S.C. pada bulan November, ia tidak merebut kembali level dominan itu. Dia memiliki beberapa game bagus dan beberapa game tidak terlalu bagus. Dia adalah pemain yang solid, sebagian besar tidak spektakuler. Cedera membuatnya absen 54 hari dan 11 pertandingan, dan ia “melewatkan” tambahan 28 hari dan 5 pertandingan sebagai “Tidak Bermain – Keputusan Pelatih” setelah kembali berlatih pada akhir Desember. Nya 21 menit, pemain pengganti pengganti melawan Bournemouth di Piala FA adalah penampilan pertamanya di bawah Mikel Arteta.

Ini adalah tempat yang sulit bagi manajer dan pemain. Arteta tidak merekayasa langkah pinjaman itu; Unai Emery melakukannya. Menurut The Athletic, Ceballos bergabung dengan Arsenal sebagian besar karena Emery meyakinkannya bahwa ia akan memainkan peran besar dalam pengaturan tim. Tetapi ketika Unai Emery ditunjukkan pintu, waktu bermain yang dijanjikan pergi bersamanya. Arteta baru-baru ini berkomentar bahwa Ceballos “perlu kembali ke kebugaran dan berjuang untuk tempatnya,” membuatnya jelas bahwa dia tidak menilai gelandang setinggi Emery. Melihatnya dari perspektif Ceballos, masuk akal untuk menginginkan waktu bermain. Dia berusia 23 tahun, mencoba mengembangkan permainannya, dan berharap untuk tetap hidup dalam upaya luar membuat Tim Nasional Spanyol untuk Euro 2020.

“Sumber yang dekat dengan pemain” memberi tahu The Athletic bahwa Arteta belum cukup jelas dengannya tentang tempatnya di tim dan apa yang bisa dia lakukan untuk meningkatkan kedudukan dan mendapatkan waktu bermain. Tetapi jika dia tetap, di mana dia dan harusnya berada di pasukan?

Mikel Arteta memasang sistem baru di Arsenal, mungkin sistem yang akan ia mainkan musim depan. Dia memiliki skuad penuh pemain yang akan bersama tim datang Agustus, dan Dani Ceballos yang hampir pasti tidak akan. Belum ada pembicaraan dari Arsenal Mikel Arteta tentang mengubah pinjaman menjadi transfer penuh. Arteta memiliki pemain muda seperti Joe Willock yang perlu dia evaluasi, yang pada dasarnya memainkan posisi yang sama dengan Ceballos, yang perlu waktu bermain untuk belajar dan berkembang, dan sekali lagi, akan bersama klub musim depan.

Ceballos mungkin pemain yang lebih baik daripada Willock sekarang. Tapi seberapa jauh dia lebih baik? Apakah itu cukup untuk membuat perbedaan yang berarti di lapangan? Cukup membenarkan mengembangkan pemain non-Arsenal? Saya tidak yakin.

The Gunners masih memiliki hal-hal yang dapat mereka capai musim ini – memenangkan Liga Europa, memenangkan Piala FA, dan finis di tempat Liga Europa di liga. Tetapi kata-kata kuncinya adalah “untuk tahun depan” – Saya pikir ada pemahaman diam-diam di London Utara bahwa menyiapkan pasukan untuk sukses tahun depan adalah hal terbaik yang bisa keluar musim ini.

Saya tidak menganjurkan Ceballos untuk tidak pernah melihat lapangan. Dia benar-benar bisa membantu Arsenal memenangkan pertandingan jika dia bertahan. Tapi itu tidak akan menjadi akhir dunia jika dia pergi. Saya tidak melihatnya menjadi pemain reguler di Arsenal di paruh kedua musim, terutama ketika Mikel Arteta tidak melihat (atau Ceballos tidak menunjukkan) apa yang dia butuhkan dalam pelatihan. Dan karena waktu bermain yang teratur adalah apa yang dia inginkan, langkah terbaik bagi semua orang mungkin baginya untuk kembali ke Spanyol.

Tetapi hal-hal ini memiliki kebiasaan berolahraga dengan cara yang tidak terduga, jadi perkenalkan pemain Arsenal Anda pada paruh kedua musim ini, Dani Ceballos. Saya baik-baik saja dengan dia tinggal atau dengan dia pergi. Satu-satunya hal yang pasti adalah kami akan memiliki resolusi pada saat jendela transfer ditutup pada Jumat malam.